BungaQQ KepoQQ KantinQQ helipoker BaikQQ
Berita Harian Terkini

Raja Salman Investasi Rp 867 Trilliun ke China

Raja Salman Investasi Rp 867 Trilliun ke China – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saudi kini tengah berada di Negara China setelah sebelumnya melakukan kunjungan ke Indonesia dan Jepang. Raja Salman hari ini bertemu perdana Mentri Li Keqiang sehari setelah kedua negara menandatangani kerja sama investasi senilai Rp 867 trilliun. Kementrian Luar Negri China mengatakan kedua negara melakukan kerja sama di bidang energi- investasi- keuangan dan budaya yang keseluruhannya meliputi 35 proyek besar. Kerja sama ini dinilai sebagai strategi Arab Saudi untuk mengurangi ketergantungan mereka terhadap minyak seperti yang di beritahkan oleh Kumpulan Berita Terkini.

Raja Salman melakukan beberapa kunjungan dan bertemu Presiden Xi Jinping dan keduanya menyaksikan langsung kerja sama tersebut. Dalam kesempatan itu Xi menyatakan kepada Raja Salman China adalah pasar andalan bagi Arab Saudi untuk ekspor minyak dan kedua negara sudah sepatutnya menjalin kerja sama lebih erat di bidang energi dan gas.

Raja Salman Investasi Rp 867 Trilliun ke China

Pada tahun 2015 China menjadi mitra dagang terbesar bagi Saudi dan negara teluk itu juga menjadi pemasok minyak terbesar bagi China. Kerja sama senilai Rp 867 trilliun itu jauh lebih besar ketimbang kesepakatan dengan Presiden Indonesia yang hanya sebesar 93 trilliun ketika ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo di istana Bogor awal bulan ini ketika Raja Salman berkunjung.

Tak kalah dari kunjungan Raja Salman sebelumnya ke Indonesia dengan jumlah orang yang dibawah hingga 1.500 dan memborong ratusan ton pernak pernik di denpasar Bali. Namun Raja Salman juga membawa rombongannya langsung terbang ke Jepang. Dalam lawatanya ke Jepang, Raja Salman membawa dua eskalator dari emas dan 100 mobil limosin. Tak hanya itu seperti yang dilansir oleh Kumpulan Berita Terkini. Rombongan Raja Salman juga menyewa sekitar 1.200 kamar Hotel paling mewah di Tokyo. “Hotel tersebut dipesan oleh delegasi Saudi selama tiga malam”.

Baca Juga : Pria Indonesia Live Gantung diri di Facebook

Di Jepang Raja Saudi berusaha melobi Negri Matahari Terbit untuk mengimpor lebih banyak minyak dari Arab. Raja Salman juga merayu Perdana Mentri Jepang Shinzo Abe untuk mengimpor barang dari sektor non-energi. Kunjungan ke Jepang ini merupakan pertama kalinya  sejak dia menjabat sebagai Raja Arab Saudi mengantikan mendiang saudaranya. Sebelumnya Raja Salman pernah ke Negri Sakura itu tepatnya pada tahun 2014. Namun dia masih menjadi putra mahkota.

Kunjugan besar besaran Raja Salman dilakukan selama sebulan penuh. Raja Salaman berkunjung ke berbagai negara Asia. LAwatan pertamanya dilakukan ke Malaysia selama empat hari, kemudian ke indonesia selama 12 hari. Adanya tujuan dari kunjungan beberapa negara tersebut adalah untuk meningkatkan hubungan di sektor perdagangan sebagai rencana untuk diverifikasi ekonomi Arab Saudi yang lepas dari Minyak.

Shares 0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *